Creating Shared Value Training Batch 3, Membangun Keseimbangan Nilai Bisnis dan Sosial

| 23/04/2019 - 00:08

Training Creating Shared Value (CSV) kembali diselenggarakan baru-baru ini oleh Indonesia Shared Value Institute (ISVI). Tepatnya pada tanggal 10-11 April 2019. Bertempat di Menara 165, Jakarta.

Peserta berasal dari Pertamina, ABM Investama, Agincourt Resources dan YDB Astra.

Antusiasme yang tinggi dari peserta terlihat di training yang sudah menginjak batch 3 ini. Salah seorang peserta mengaku salah persepsi pada awalnya. Dia mengira, training ini akan memberikan penekanan manfaat yang lebih tinggi kepada masyarakat luas dan lingkungan. Ternyata bukan seperti itu. Konsep CSV menekankan keseimbangan manfaat bagi perusahaan, masyarakat dan lingkungan.

Sesi diskusi menjadi ajang pembuktian sejauh mana peserta dapat menyerap materi dengan baik. Peserta di bagi dalam empat kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membuat bisnis proses berbasis CSV.

Salah satu kelompok memaparkan pendekatan redefining productivity in value chain dan enabling local cluster. Isunya, kebutuhan perusahaan untuk melakukan efisiensi produksi. Perusahaan mengembangkan kluster yang dapat memproduksi suku cadang yang dibutuhkan. Untuk pengembangan tersebut, perusahaan melakukan pengkajian dan pendampingan terhadap kelompok-kelompok Industri kecil di suatu wilayah agar mampu memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan.

Penerapan proses bisnis berbasis CSV ini memberikan manfaat bisnis (business result) berupa efisiensi dan dukungan kepada brand perusahaan. Sedangkan manfaat sosial (social results) adalah berupa peningkatan ekonomi daerah, penyerapan tenaga kerja, peningkatan penerapan safety dan health di usaha kecil dan dan peningkatan kapasitas para pelaku usaha kecil.

CSV merupakan strategi inti dalam berbisnis. Berkontribusi  kepada masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan merupakan upaya untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Dengan CSV, keuntungan diperoleh karena berbagi nilai (shared value), bukan karena mengkooptasi atau mengerjakan semuanya dari hulu sampai hilir.

Tags: , ,